Jumat, 17 Desember 2010

"CUPID" Sang Pemegang Panah Cinta

Banyak yang bilang, si Cupid ini paling berperan dalam urusan percintaan manusia. Soalnya, kalo panahnya nggak menancap di tempat yang tepat, 2 orang nggak bakal jadian. Selama ini Cupid selalu digambarkan sebagai anak kecil yang memiliki sayap dengan membawa busur & anak panah. Anak panah ini yang akan membawa perasaan cinta pada manusia yang terkena panahnya. Makanya waktu jatuh cinta, kita menggambarkan hati yang yang tertusuk panah. Itu ceritanya panahCupid.

Nama Cupid dikenal pada mitologi Romawi. Dia adalah putra Venus. Kalo menurut mitologi Yunani kuno,Cupid dikenal dengan nama Eros. Dia adalah putra Dewi Aphrodite, yaitu dewi cinta dan kecantikan. Kalo loe menyangka Cupid itu anak kecil, salah banget! memang sih sosok Cupid yang paling populer tuh berwujud anak kecil gemuk & berwajah menggemaskan. Tapi sebenernya Cupid itu berwujud laki2 dewasa loh. tapi emang sih, Cupid pernah beberapa saat berwujud anak kecil.

Waktu itu ibunya, Venus, datang menemui Themis. dia mengeluh mengapa putranya, Cupid, nggak kunjung tumbuh dewasa. Dan Waktu itu Themis menjawab, itu terjadi karena Cupid kesepian. Dia butuh teman, dia butuh adik. Wah nggak lama kemudian, Anteros, Adik Cupid lahir. Benar saja, Cupid tumbuh dewasa dengan sangat cepat.

Yang paling terkenal dari Cupid adalah kisah cintanya dengan Psyche, yang bukan keturunan dewa. Karena bukan keturunan dewa, Psyche jelas bukan makhluk abadi. Tapi Psyche cantiik..banget. Banyak orang yang kagum dengan kecantikan Psyche. Venus, ibu Cupid merasa cemburu. Maklum, dia adalah dewi kecantikan, masa sih kalah sama manusia biasa yang nggak abadi?..dia minta Cupid menghukumnya, tapi Cupidmalah jatuh cinta pada Psyche. Mereka lalu menikah. Cuma karena Psyche manusia biasa, dia nggak boleh melihat Cupid. Segalanya baik2 saja sampai saudara perempuan Psyche membujuknya melihat wajah Cupid. Pas si cantik Psyche melihat Cupid, dewa cinta itu marah & menghukumnya dengan meninggalkannya. Bukan cuma itu, selain Cupid yang pergi, puri mereka yang megah pun menghilang.

Psyche yang sangat mencintai Cupid datang ke kuil Venus untuk minta pertolongan. Dan karena pengen menghukum Psyche, Venus memberika tugas berat. Psyche harus menyampaikan kotak berisi kecantikan pada istri Pluto. Di perjalanan yang sangat berat, Psyche tergoda untuk membukanya. Eh ternyata yang ditemukan bukan kecantikan, melainkan kutukan.

Cupid yang sangat mencintai Psyche nggak tega dan datang menolongnya. Psyche nggak hanya tertolong, dia malah dimaafkan oleh Venus dan diangkat menjadi dewi. Cupid & Psyche akhirnya bersatu. Bahkan mereka mempunyai anak perempuan yang bernama Pleasure.



Nggak nyangka ya, si pemegang panah cinta malah punya perjalanan cinta yang berliku.

Yupz..!! semoga panah “CUPID” selalu menancap di hati kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar